milkysmile

I made this widget at MyFlashFetish.com.

Saturday, March 26, 2011

Pemanasan Global (Text pidato)

Haaah.. udah belajar dan ngafalin susah2 buat ujian praktek kemaren, gue malah dapet puisi.. Ya sudahlah, untung punya blog, jadi bisa di lampiaskan kesini dah. Yo, chek it out!:

Selamat pagi (Karena saya Kristen)
Salam sejahtera untuk kita semua.
Yang terhormat Ibu Nyapiningsih dan Ibu Mahanik selaku guru Bahasa Indonesia, serta teman-teman sekalian yang saya cintai.
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas karunianya, kita dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam rangka ujian praktik Bahasa Indonesia. Dan pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang 'pemanasan global'.

Hadirin yang berbahagia,
Apakah pemanasan global itu? Secara umum, pemanasan global adalah keadaan dimana suhu permukaan bumi meningkat diatas tingkat wajarnya. Belakangan ini mungkin kita sering merasakan beberapa peristiwa alam yang semakin meburuk dan ganjil. Misalnya: perubahan iklim yang tidak menentu dari cuaca panas, tiba-tiba menjadi hujan. Es kutub yang mulai mencair sehingga volume air laut meningkat. Serta hujan asam yang dapat merusak bangunan. Hal ini tentunya meresahkan kita sebagai manusia yang hidup di muka bumi ini. Dan pemanasan global ini juga telah menjadi topik yang sedang di hadapi dan di tanggulangi oleh sebagian besar negara di dunia.

Hadirin sekalian,
Tahukah anda apakah penyebab pemanasan global ini? Banyak sekali faktor penyebabnya. Beberapa diantaranya adalah kurangnya tanaman hijau, dan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor yang menyebabkan polusi, serta penggunaan CFC yang berlebihan. Dan initinya, penyebab utama pemanasan global ini adalah ulah kita sendiri, manusia.
Hal ini sungguh menyedihkan karena kita sebagai umat manusia terkadang berani berbuat, namun tak bisa bertanggung jawab, sehingga makhluk lainpun terkena imabsnya, seperti hewan2 langka yang semakin punah karena kekurangan tempat tinggal & makanan akibat penabangan hutan sembarangan  sebagai salah satu faktor penyebab pemanasan global ini.
Untuk itu, mari kita berintrospeksi diri dan memahami kembali perbuatan kita. Apakah perbuatan kita ini merugikan orang lain, bahkan seluruh penghuni bumi? Jika iya, kita harus lekas menghindarinya. Dan marilah kita memeprhatikan dan menacari cara untuk menanggulangi masalah pemanasan global ini bersama, misalnya dengan banyak menanam pohon, berjalan kaki/ naik sepeda jika kita akan bepergian ke tempat yang jarak tempuhnya dekat, dan kita juga dapat mengurangi penggunaan pelastik, atau mendaur ulangnya. Karena kalu bukan kita sebagai makhluk yang berakal budi, siapa lagi yang dapat menata bumi ini menjadi lebih baik?

Akhir kata, saya ucapkan terimakasih atas perhatian dan waktu yang di berikan oleh hadirin sekalin. Semoga kata-kata yang telah saya sampaikan tadi dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup kita dan seluruh makhluk hidup yang tinggal di bumi ini. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Selamat pagi. :D

Haaah.. sumpeh, capek bgt nulis beginian. Tapi dari pada pidato gue sia-sia dan gak kepake, mending di-Share disini khan?? Semoga bermanfaat :D

Source: My own Brain
Thanks to: Kak Dewi, kak Bondan, kak Meisya (My primagama Teacher and Seniors..)

No comments:

Post a Comment