milkysmile

I made this widget at MyFlashFetish.com.

Monday, February 14, 2011

Nori-Seaweed (Rumput Laut)

Hm.. ada yang suka nori?? Itu lho, makanan asia yang terbuat dari rumput laut..
Well, I do! hehehe.. The first time i know nori is from my korean friend, in Philippines. When i'm on grade 1. Her name is Eun. She usually brings some nori to school. Hm.. rasanya asin, gurih, kriuk2 gimanaaa gitu.. Trus, aku nggak tau juga dia beli dimana. Dan aku udah coba2 nyari di Landmark, tapi gak ada yang rasanya seenak yang di bawa Eun. hehehe..
kesan pertama makan nori itu, rada aneh. Aku kira, kenapa teman2ku makanin kertas warnah hijau yang tipis. Tapi ternyata itu Nori! Hm.. saking sukanya, aku sampe makan nori expired.. -__-.. mama yang ngasih. aku asal makan aja, padahal belom dibaca kalo itu udh kadaluarsa.. But.. forget it.. Hahahaha..
Aku mau share sedikit tentang Nori nih.. Semoga suka ya.. :D
Meskipun Nori berasal dari jepang, ternyata Nori itu mendunia lho! 
Korea terkenal dengan nori berbumbu minyak wijen, cabai, dan butiran garam yang agak kasar sehingga berbau khas dan terasa agak pedas. Contohnya makanan khas korea yang namanya 
Kimbab (bahasa korea) artinya Kim = Rumput Laut dan Bab = Nasi. Hm.. kayaknya enak tuh.. 












kalo orang Cina memanfaatkan rumput laut ini sebagai penyedap rasa dalam produk yang disebut “viet tsin”, yang oleh orang Jepang sekitar 40 tahun kemudian disentesiskan menjadi monosodium glutamate (MSG). 
Nah, kalo di Jepang, biasanya mereka buat sushi gitu. Kadang isinya ikan Slamon segar, ato aku pernah makan sushi isinya MANGGA!! huaaaa... rada aneh sih, apa mungkin tiu baru pertama kali, jadi aneh ya? entahlah..
Tidak hanya sebagai makanan itu sendiri, tapi rumput laut juga penting di dalam industri makanan ataupun industri lainnya. Emulsifier, bahan untuk melarutkan cairan yang tidak bisa dicampur, adalah penting untuk menjaga coklat dan susu tetap tercampur di dalam susu coklat. Dan itu terbuat dari algae/rumput laut. Alginates juga kerap digunakan di dalam produk-produk industri seperti pelapisan kertas, lem, pewarna, jelly, peledak, dan di dalam proses-proses seperti pengukuran kertas, pencetakan tekstil, dan juga pengeboran. Rumput laut juga dapat digunakan sebagai pupuk.

Cara tradisional pembuatan Nori:
  • Rumput laut hasil panen ditumbuk sampai menjadi bubur
  • Bubur rumput laut dilebarkan seperti kertas di atas papan
  • Nori dijemur di bawah sinar matahari hingga kering
 









Jenis-jenis Nori
Ukuran standar satu lembar Nori di Jepang adalah 21 cm. x 19 cm. yang kemudian dipotong-potong tergantung pada keperluannya. Dilihat dari ukuran besarnya, Nori terdiri dari beberapa jenis:
  • Yakinori ukuran standar
Nori tawar untuk menggulung Temakizushi dan Makizushi.
  • Yakinori tipe setengah
Satu lembar Nori ukuran standar dibagi dua, digunakan untuk membungkus seluruh bagian Onigiri.
  • Yakinori tipe sepertiga
Satu lembar Nori dibagi tiga, dilekatkan di bagian dasar Onigiri sehingga mudah dipegang dengan tangan.
  • Ajitsuke Nori atau Okazunori
Satu lembar Nori standar yang sudah diberi berbumbu garam dapur, kecap asin, gula atau mirin dipotong menjadi 8 atau 12 potongan kecil. Pada umumnya dimakan sebagai teman makan nasi sewaktu sarapan pagi atau dimakan begitu saja sebagai makanan ringan.
  • Mominori
Ajitsuke Nori yang sudah diberi berbumbu garam, kecap asin, gula atau mirin dan dicabik-cabik sampai menjadi potongan berukuran kecil yang tidak seragam. Digunakan sebagai hiasan pada makanan Jepang seperti Donburi atau Chirashizushi
  • Kizaminori
Yakinori yang dipotong halus-halus dengan ukuran seragam, berfungsi sebagai hiasan seperti Mominori.
  • Aonori
Nori berwarna hijau berbentuk serbuk kasar berukuran 2-3 mm. yang ditaburkan di atas Okonomiyaki, Takoyaki, dan Yakisoba. Berbeda dengan bahan baku untuk Nori standar, Aonori menggunakan alga berwarna hijau jenis Monostroma and Enteromorpha yang banyak dibudidayakan di Teluk Ise, Prefektur Mie sebagai bahan baku.
 Budidaya rumput laut


Pada musim gugur di saat suhu air laut sekitar 20℃, di laut yang berada di dekat mulut sungai dipasang sangkutan rumput laut yang berbentuk jala. Spora rumput laut menempel pada jala dan tumbuhan berkembang biak dengan cepat. Panen sudah dapat dilakukan di musim dingin tahun yang sama di saat tanaman berumur sekitar 45 hari. Setelah panen pertama, rumput laut masih bisa dipanen berulang kali dengan masa istirahat 10 hari.
Beberapa makanan yang terbuat dari rumput laut: 
1.미역국 Miyeok Guk (sup rumput laut) 
















2.Agar-agar
3.Ronde Ubi Rumput Laut

 
















3.Kimbap
4.Dodol Jahe
5.Smoked Salmon Sushi Roll

 













6. Mie Instant 
7.Wakame


















Manfaat Rumput Laut:
  1.  Antikanker Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka. 
  2. Antioksidan Klorofil pada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.
  3. Mencegah Kardiovaskular Para Ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.
  4. Makanan Diet Kandungan serat (dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.
  5. Secara tradisional, rumput laut dipercaya dapat mengobati batuk, asma, bronkhitis, TBC, cacingan, sakit perut, demam, influenza, dan artritis
  6. Sebagai BBM Ramah Lingkungan (dari sulawesi utara)
  7. Sebagai bahan alamai pengganti garam
  8. Mengatasi Radang sendi
  9. Mongobati jerawat (Mau!!!)
  10. Mengatasi ketiak hitam
  11. Untuk Lulur
Hehehe.. mungkin segini dulu ya tenteng Nori, makanan favoritku.. kapan2 di share lagi deh.. :D

Source&Thanks to:

hamanochi.blogspot.com
hasrule.blogdetik.com
www.rumputlaut.org
Kaskus
www.random-good-stuff.com


2 comments:

  1. km tau gk rumput laut yg di gunkn pd nori jenis apa dan di indonesia ada atau apa tidak jens rmput laut itu dan terdapat d mana????
    mksh sbelumnya

    ReplyDelete
  2. Mungkin jenis Eucema SP.
    Tapi kurang tau juga. :-)

    Kira-kira Nori itu agar bisa melekat jadi seperti kertas diapakan ya?

    ReplyDelete